Tips Wisata Pulau Derawan

on Selasa, 04 Desember 2012
Setelah 2 postingan saya menceritakan mengenai pengalaman proyek saya, kali ini saya akan menceritakan mengenai pengalaman saya ke Derawan. Saya sebenarnya ada proyek ke daerah Berau, Kalimantan Timur sekitar 2 bulan lalu, dan waktu itu saya sebagai koordinator lapangan. kemudian ada sesi wisata ke Derawan bersama tim. karena saya yang ngurusin ini itu di Derawan sana, jadi saya mengetahui tips dan trik untuk berlibur murah di pulau surga tersebut.
Beautiful Derawan

Pertama, untuk mencapai Pulau Derawan, anda harus mencapai Pulau Kalimantan dooong yaa.. naah buat yang domisili di Pulau Jawa, silakan untuk melakukan penerbangan ke Balikpapan (Bandara Sepinggan). Kalau tiket penerbangan dari Yogyakarta ke Balikpapan sih sekitar 600ribu lebih. Dari Balikpapan, anda masih harus terbang ke Bandara Kalimarau (Berau) sekitar 45 menit, harga tiketnya cukup mahal berkisar antara 400ribu hingga 600ribu lebih. cukup mahal ya padahal masih satu provinsi :/

Nah dari Bandara Kalimarau tersebut anda bisa menyewa mobil, pada waktu itu saya menyewa mobil bermerk Avanza beserta sopirnya ke daerah Tanjung Batu. Harga sewa mobil plus sopirnya adalah 350ribu (jika anda ingin mengetahui sewa mobil ya rekomended di sana,silakan hubungi saya :)). di daerah Tanjung Batu ini terdapat pelabuhan untuk menyebrang ke Pulau Derawan ini. perjalanan dari Bandara ke pelabuhan ini sekitar 2 jam.

Tips aja nih, mending sebelum menyebrang, anda sekalian makan dulu di tempat makan Cafe Pantai yang berada di Pelabuhan. makanannya sih seafood, rumah makannya ga terlalu mewah,tapi enak dan lumayan murah. kami ber-10 mengeluarkan uang 250ribu untuk makan pagi. jadi seorang cuma 25 ribu. lumayan murah untuk di Kalimantan dan di daerah pelabuhan.

untuk menyebrang ke Pulau Derawan anda harus memakai boat. untuk mencari boat, anda tinggal nanya aja ke orang sekitar pelabuhan, nanti dikenalkan sama yang punya boat.  boat yang saya pakai adalah 2 boat dengan kapasitas 8 dan 6 kursi. dari hasil nego saya mengeluarkan uang 900ribu untuk 10 orang PP dari pelabuhan ke Pulau Derawan. harga yang cukup murah menurut saya, karena untuk 1 orang hanya mengeluarkan 90 ribu PP. oiya biasanya orang yang punya boat ini sudah bekerja sama dengan salah satu cottage yang ada di Pulau.
Boat yang berada di pelabuhan

perjalanan dari pelabuhan ke pulau,menghabiskan waktu 45 menit. hati-hatilah yang mabuk laut, karena gelombang cukup tinggi sehingga boat dapat terombang ambing, kemudian waktunya cukup lama. jadi para mabokers, sabar ya..ato minum antimo sebelum melakukan perjalanan boat ini.

Salah satu cottage yang berada di Pulau Derawan
Sesampainya di Pulau Derawan, kita akan disambut dengan pulau yang berpasir putih, air jernih, terlihat terumbu karang dari permukaan air laut... aaah sungguh indaaah.. di pulau ini terlihat beberapa cottage yang isinya terdapat cafe dan tempat menginap. Boat kami berhenti di salah satu cottage (yang tentunya sudah memiliki hubungan kerjasama dengan si sopir boat).

di cottage tersebut kami ambil wisata banana boat dan menyewa alat snorkling lengkap (kacamata,snorkle,kaki katak,dan pelampung). Tenang aja bagi yang ga bisa berenang, ada pelampung kok, jadi anda masih bisa menikmati keindahan bawah laut Derawan.
Banana Boat

Sewaktu banana boat, kami ber-10 dibagi 2 rombongan , jadi 5 orang naik terlebih dahulu,5 orang lainnya belakangan. harga banana boat adalah 400 ribu, jadi jika anda sekalian hanya 1 kali banana boat, cuma 200 ribu (bisa 4-6 orang). harga alat snorkling lengkap adalah 400 ribu/10 orang. jika anda mau sewa baju renang, cuma 50ribu aja. oiya, alat snorkling ini disewa buat seharian loooh!!! ampe puasss!!!
Snorkling time :)

Kemudian untuk makan siang,kami makan di cottage dengan harga 450 ribu untuk 10 orang. mahal banget kan?!

berikut tips-tips lainnya:
  • jangan lupa memakai sunblock karena mataharinya sukses menghitamkan kulit :)
  • snorkling pada saat pagi-pagi atau sore hari karena air laut surut
  • terdapat juga wisata liat penyu yang bertelur ke daratan,tapi di pagi buta (saya ga sempet nginep waktu ke derawan)
  • kalo mau foto di bawah air,disarankan membawa kamera sendiri,karena di pulau ini tidak ada fasilitas foto di bawah air
  • jika ingin menyewa kamar disini sekitar 400-600 ribu/kamar/malam
  • untuk souvenir, banyak ibu-ibu menjual kerajinan seperti gelang, cincin,gantungan kunci yang dibuat dari akar bahar,dan kayu lainnya. harga bisa ditawar 5-30ribu

hmm..sekian dulu tips wisata dari saya. sebenernya murah jika ga diitung harga tiket pesawatnya.heheh
semoga bermanfaat untuk menyusun anggaran dan rencana liburan anda sekalian..salam, CAW! :)

Perkiraan harga:
  •  Tiket pesawat Balikpapan- Berau +/- 600 ribu (1,2 juta PP)/orang
  • sewa mobil+sopir 350ribu/mobil
  • Sarapan dan makan siang 70 ribu/orang
  • Rental alat snorkling (pelampung,kaki katak,snorkler,kacamata) 40ribu/orang
  • speed boat 95ribu PP/orang
  • Banana boat 200ribu/unit (4-6 orang)
  • sewa kamar 400ribu/kamar
       

4 komentar:

lolipopp warna warni mengatakan...

Salam kenal mba, lagi googling tentang derawan dn nemu blognya mba. boleh minta nmor pak supir avanzanya ga mba?? sklian boat dan penginapannya. oiya itu penginapannya 400rb per kamar atau cottage?
makasih mba.. :)

momon mengatakan...

hai mbak lolipopp warna warni :)
kebetulan hape saya baru rusak,kontak ada yang hilang..
saya carikan dlu yah
400ribu itu harga per kamar

semoga infonya membantu

momon mengatakan...
Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.
momon mengatakan...

ini sudah ada no telponnya,
bapak agus 082157399914
mas syahrul 085391596668

Posting Komentar